Tuesday, March 29, 2016

Bakmie Karet Planet (Cab. Karawaci)

Bakmie, merupakan salah satu jenis makanan yang sering sekali kita lihat di Jakarta, mulai dari bakmie pinggir jalan hingga sekelas bakmie di restoran. Banyaknya tempat makan bakmie di jakarta menandakan bahwa jenis kudapan ini memang di gandrungi oleh masyarakat umum. Hingga akhirnya, tempat makan bakmie pun harus kreatif dalam mengolah dagangan nya

Dari banyak warung bakmie, saya menemukan satu warung bakmie yang menurut saya sangat unik dan berbeda.







Bakmie karet planet, entah apa makna dari nama tempat itu, saya pun tidak tahu. Lokasi nya bisa dibilang cukip jauh dari ibukota yaitu ada di karawaci, sekitaran UPH (Universitas Pelita Harapan), dan kebetulan saya memang tinggal dekat situ.

Lalu apa yg membuat warung bakmie ini unik, menurut saya ? Bukan tampilan Secara fisik melainkan kualitas dan rasa dari bahan dasar bakmie tersebut. Mengapa kualitas ? Sebab bakmie yang mereka gunakan merupakan bakmie buatan mereka sendiri dan saya menebak mereka selalu memproduksi bakmie setiap hari. Selain itu, mereka melakukan sedikit twist dalam hal tekstur bakmie nya sendiri, mereka membuat bakmienya lebih kenyal, lebih al dente, lebih ada bite nya .

Selain bahan dasar bakmie, salah satu bumbu rahasia dalam dunia per bakmie an adalah minyak yang digunakan. Entah mengapa saya merasa minyak yg digunakan rasanya berbeda dari minyak dari kebanyakan bakmie yg sudah ada. Memang, mereka memggunakan minyak dari lemak babi. Tapi ini menurut saya berbeda. Minyak yg mereka buat aromanya lebih kuat,  dan memiliki depth of flavour yg menurut saya unik. Dan satu lagi, sama seperti hal nya pasta, pasta yg baik adalah pasta yang permukaan nya cendrung kasar, sehingga saat di campur (antara sauce dan pasta), saus bisa menempel sempurna dengan pasta, dan saya merasa bakmie karet planet melakukan konsep yg sama seperti konsep membuat pasta. 


Jadi bila saya simpulkan sedikit, sensai yang akan terjadi adalah saat mie masuk ke mulut hal pertma yg terjadi adalah rasa gurih dari bumbu bakmi yang sangat kuat lalu setelah digigit kalian akan merasakan tekstur bakmie yang to the bite dan sedikit kenyal.

Itu tentang bakmie nya. Selanjutnya saya akan share tentang makanan pelngkap dari bakmie ini yaitu
ayam kecap, bakso goreng, dan kuah



Ketiga elemen ini merupakan elemen pelengkap dalam hidangan ini, namun menarik untuk dibahas karena warung bakmie karet planet tidak hanya fokus terhadap bakmie nya saja, hal - hal pendukung seperti kuah, ayam kecap, bakso goreng pun di perhatikan kualitas nya

Kita mulai dari ayam kecap. Ada dua hal yang saya suka dari ayam kecap di warung bakmie ini yaitu besar potongan dan tekstur. warung bakmie karet planet memiliki ukuran ayam kecap yang lebih besar dari kebanyakan warung bakmie lain nya. Karena potongan ayam nya besar maka sensai saat memakan ayam kecap disini pun menjadi lain. Lebih ada bite nya, dan menurut saya saat memakan ayam nya terkesan tidak asal lewat kita justru bisa menikmati rasa dari ayam tersebut. Poin kedua adalah tekstur. Ayam di warung bakmie ini memiliki tekstur yang juicy dan tidak kering. rasa dan aroma dari ayam tersebut didominasi rasa jahe dan oyster sauce.



Untuk Bakso goreng, ada satu hal yang menurut saya sangat bagus sekali yaitu mereka menyajikan bakso goreng yang fresh, dalam arti saat ada yang pesan, bakso baru digoreng, dan menurut saya hal ini merupaka satu pembeda dari warung bakmie lainya yang menyediakan bakso goreng. Kadang saya sering menemukan warug bakmie yang menyediakan bakso goreng di dalam toples, rasanya enak tapi saya merasa seperti kurang fresh. Dan ada satu masukan dari saya untuk warung bakmie karet planet yaitu membuat saus khusus untuk bakso goreng. 


Untuk kuah, saya seratus persen yakin ini merupakan hasil rebusan ayam dan bukan menggunakan perisa ayam. yang membuat saya yakin bahwa ini merupa merupakan hasil rebusan ayam adalah cita rasa dan depth of flavor. cita rasa dari ayam asli menurut saya cendrung lebih mild tetapi rasa ayam nya masih bisa dirasakan secara jelas. 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

LOKASI : 

Komplek perumahan taman Diponegoro (Lippo village, katrawaci), dari pos satpam lurus sampai mentok lalu belok kana dan ikuti jalan. dan disitu memang banyak terdapat tempat makanan ( Kenapa gua jelasin alamatnya gitu, soalnya gua lupa alamatnya..wkwkkw..maaf guys..)

Harga : 50.000 - 70.000 (untuk 2 orang)


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Seperti biasa guys, karena tulisan ini adalah sepenuhnya opini saya pribadi maka


"Kalau setuju, ya silahkan, 
kalau kurang setuju monggo diberi masukan"











No comments:

Post a Comment