Thursday, April 28, 2016

Bebek Joni (Ubud, Bali)

Bicara tentang kuliner Bali, pasti tidak jauh-jauh dari bebek betutu. Mulai dari restoran Bebek Tepi Sawah sampai restoran Bebek Bengil pasti tidak luput untuk disebutkan saat kita sedang bepergian ke Bali. Namun, selain kedua restoran itu ada satu restoran yang juga menggunakan bebek sebagai bahan dasar andalanya yaitu Bebek Joni.





Restoran yang berlokasi di Jalan Raya Goa Gajah (Ubud, Bali) ini tidak hanya menawarkan sajian khas Bali, tetapi juga menyuguhkan pemandangan sawah yang sangat indah. Bayangkan, kalian sedang makan, lalu di kiri dan kanan kalian adalah hamparan padi yang luas dan hijau. Sungguh suatu pengalaman kuliner yang baru bukan?



Kita kembali ke topik utama kita yaitu tentang makanan. Kalian masih ingat salah satu tulisan saya yang membahas tentang Warung Made, dan saya membahas tentang menu yang disajikan di restoran tersebut ? Dan ternyata hal yang sama terjadi juga pada restoran Bebek Joni. Restoran ini mencampur menu khas Bali dengan menu western food. Dari hal tersebut saya tetap berpikir akan hal yang sama seperti saat saya berada di Warung Made (Seminyak, Bali) yaitu kedua restoran ini beradaptasi dengan keadaan pulau Bali.

Selanjutnya, kita lanjut membahas makanan yang ada di restoran ini. Setelah melihat-lihat menu, saya memutus kan untuk kembali memesan makanan khas Bali yaitu, Bebek Goreng Krispi dan Bebek Asap Khas Bali.


Menu pertama adalah bebek asap khas bali. Sebelum makanan ini datang, saya menerka-menerka bentuk dan rasa dari bebek asap ini, tebakan awal saya akan makanan ini adalah warananya kemungkinan besar agak coklat kehitaman karena dimasak dengan cara diasap dan dari segi rasa pasti akan ada rasa smok-nya alasanya tentu saja sama karena dimasak dengan cara diasap. Tetapi semua yang saya bayangkan ternyata salah total. Saat saya lihat dan saya cium aroma dari masakan ini, ternyata ini adalah bebek bumbu betutu khas bali, lalu dimana "asap" nya ? Dan jujur, saya lupa bertanya kepada pelayan nya dimana letak "asap" nya. Jadi bagi teman-teman yang mempunyai informasi tentang masakan ini, bisa menuliskanya di kolom komen di bawah. Lupakan tentang "asap", kita kembali ke topik.

Dari segi presentasi, menurut saya agak berantakan dan terkesan tidak dipikirkan. Alasan saya mengatakan hal tersebut karena tempat ini adalah restoran, jadi menurut saya semua aspek harus diperhatikan. Daari segi rasa, menurut saya rasa nya enak, tekstur bebek empuk (empuk khas bebek), dan yang terpenting tidak tercium bau anyir (amis) khas bebek. Bumbu betutu yang ada pada bebek ini rasanya enak dan rasa bumbunya balance, tetapi menurut saya, secara keseluruhan rasa makanan ini terlalu asin, sehingga sedikit meng-overpowering rasa bebek dan bumbu betutu nya. Untungnya makanan ini disajikan bersama dengan nasi putih, sehingga saat masakan ini dimakan bersamaan dengan nasi putih rasa asinnya sedikit berkurang. Disisi lain, justru makan pelangkapnya seperti sati lilit dan urap rasanya enak menurut saya. Tekstur dan rasa dari sate lilitnya enak, teksturnya lembut kenyal dan rasa ikan dan bumbunya pas sekali. Begitu pula dengan sayur urap, perpaduan rasa sayuran rebus dan kelapanya pas sekali, sangat fresh  dan rasa dari kelapanya pas, sehingga kita masih bisa merasakan rasa sayuran dan kelapanya.


Menu kedua adalah bebek goreng krispi. Dari segi penyajian, menu ini justru disajikan jauh lebih rapih daripada menu sebelumnya, baik dari segi tata letak dan komposisinya cukup baik menurut saya, dan yang pasti lebih mengundang selera makan kita. Dari segi cita rasa, menurut saya ini justru kebalikan dari menu sebelumnya yaitu cendrung kurang seassoning. Untuk menambah cita rasa dari bebek nya itu sendiri, kita harus memakan bebeknya bersamaan dengan sambal matah yang sudah disediakan bersama dengan menu ini.. untuk tekstur crispiness nya menurut saya cukup baik dan memang krispi. Tekstur daging bebek nya menurut saya sama seperti menu sebelumnya, tekstur bebeknya empuk (khas bebek) dan tidak tercium bau anyir (bau khas bebek).

Setelah saya dan keluarga selesai makan di tempat ini, saya danamama sempat membandingkan restoran ini dengan restoran lain. Jujur teman-teman, saya dan mama saya setuju kalau restoran ini memang baru dan pemandanganya bagus, namun dari segi cita rasa kita masih lebih suka restoran Bebek Tepi Sawah dan Bebek Bengil. Mungkin kesan nya agak memojokan restoran ini, namun ini lah dunia foodblogging, kita harus menulis semua hal secara apa adanya dan yang terpenting adalah jujur.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lokasi :

Bebek Joni

Warung Made

Address: Jl. Raya Goa Gajah, Ubud, Bali
Phone:(0361) 974738
Hours: Open today · 9AM–9PM

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Harga :

200.000 - 250.00 untuk 2 orang

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Seperti biasa guys, karena tulisan ini adalah sepenuhnya opini saya pribadi maka dengan ini saya menyatakan


"Kalau setuju, ya silahkan, 


kalau kurang setuju monggo diberi masukan"


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Yuk di Follow social media kita di :

Facebook : Foodspiration ID

Twitter : @foodspirationid

Instagram : foodspiration_ID







No comments:

Post a Comment