Sunday, April 3, 2016

SUSHI TEI INDONESIA (Cabang Flavor Bliss, Alam Sutera)

Suhi Tei, siapa yang tidak mengenal restoran sushi yang satu ini. Setiap kali kita mendegar kata sushi, minimal nama Sushi Tei langsung terbayang oleh kita. Tidak heran kalau hal tersebut dapat terjadi, sebab Sushi Tei bisa dikatakan sebagai restoran sushi terbesar di Indonesia, biarpun Sushi Tei merupakan restoran franchise dari Singapore tetapi keberadaannya di Indonesia disambut baik oleh masyarakat penikmat hidangan khas jepang ini.

Menurut saya, Sushi Tei merupakan restoran yang mengangkat tema modern dan fusion Japanesse cuisine baik dari segi desain restoran dan menu - menu yang ditawarkan.







Untuk kali ini saya akan banyak membahas tentang menu sushi yang ada di Sushi Tei. Sebab, namanya juga Sushi Tei jadi menurut saya pasti menu sushi merupakan menu yang spesial di restoran ini. Selain itu saya juga akan membahas Sushi Tei dari sudut pandang sushi komersial, sebab sudah pasti restoran ini bukan restoran sushi yang bersifat fine dining (michelin star, dll).





Ada beberapa hal dasar yang pernah saya pelajari secara otodidak tentang sushi. Beberapa diantaranya adalah 

Sushi yang baik adalah sushi yang memiliki balance yang baik antara nasi (shari) dan seafood nya (neta), dari segi rasa, komposisi gula dan cuka yang dicampur kedalam nasi harus benar-benar sesuai dan konsisten tentunya karena menurut saya, nasi yang digunakan pada sushi merupakan hal pertama yang akan menjadi penentu apakah sushi ini enak atau tidak. Setelah nasi, seafood yang digunakan harus fresh (beraroma natural dari seafood yang digunakan).

Sushi yang baik adalah dimana nasi dan seafood merekat dengan baik antara satu sama lain. hal ini memang terlihat sepele, namun merut saya ini merupakan satu hal yang penting menurut saya, sebab sushi bukan hanya masalah rasa, sushi juga berbicara tentang seni dan kebudayaan Jepang. Saya pernah melihat satu video yang membandingkan antara dua sushi, sushi pertama dibuat oleh sushi chef amatir dan sushi yang lain dibuat oleh professional sushi chef. Kedua sushi yang mereka buat di letakan didepan alat yang dapat menghembuskan angin. Singkat cerita saat kedua sushi tersebut dihembuskan angin dengan kecepatan 40 km/jam, neta dari sushi chef amatir terlepas dari nasinya, sedangkan neta dari sushi yang dibuat oleh professional sushi chef masih tetap menmpel dengan sempurna. Kecepatan angin di tingkatkan hingga mencapai 70 km/jam, pada kecepatan itu neta dari sushi yang dibuat oleh professional chef baru terlepas. Dari cerita tersebut mungkin beberapa dari kita menganggap bahwa hal tersebut terlihat seperti kurang kerjaan, tetapi kembali lagi kepada konsep bahwa sushi itu tidak melulu berbicara tentang rasa melainkan juga tentang  seni dan kebudayaan.

Ok, cukup untuk sekilas tentang sushi, mari kita lanjut kan, teman-teman.

Kita mulai dari nigiri sushi.

(Salmon Belly Nigiri, sushi tei cab. Supermall karawaci)

(Shimaji Nigiri,sushi tei cab. Supermall karawaci)

(Hadoka Set
Baris atas, kiri ke kanan : Tuna Nigiri,Salmon Roe Nigiri, Eel Nigiri,Scallop Nigiri
Baris Bawah, kiri ke kanan : Ebi Nigiri, Ika NIgiri, Salmon Nigiri, Tako Nigiri
Sushi tei cabang Flavour Bliss)


Nigiri sushi yang neta nya adalah ikan, menurut saya semuanya enak, dan memiliki balance yang pas antara rasa nasi dan rasa ikanya, selain itu tekstur nasinya enak sekali, tidak hancur, kita masi bisa melihat nasinya dalam bentuk butiran-butiran.

Saya memilih 4 jenis nigiri yang menurut saya bisa mewakili, yaitu shimaji, salmon belly, lean salmon, lean maguro (tuna). Alasan saya memilih keempat jenis ikan ini karena untuk merasakan pengalaman memakan sushi, shimaji cendrung meilik rasa yang mild dan refreshing , cocok sekali untuk hidangan pertama. Lean salmon dan maguro, kedua inikan ini menurut saya memiliki karakter rasa yang lebih kuat, salmon cendrung memiliki rasa "manis" yang khas dan maguro cendrung memiliki "body" dan rasa "asin" yang khas. Dan yang terakhir adalah salmon belly, ikan ini memiliki rasa yang kuat karena mengandung kadar lemak (fat) yang lebih banyak sehingga kalian bisa merasakan ada sensasi "gurih" di aftertaste nya. Dan jujur, teman-teman, salmon belly nigiri merupakan salah satu menu di sushi te yang menjadi favorit saya, mengapa ? 

coba bayangkan teman -teman..

saat di mulut, kalian merasakan rasa nasi yag cendrung asam manis lalu diikuti dengan rasa ikan salmon yang "manis" dan di akhir kalian merasakan after taste "gurih" dari salmon belly tersebut.

kebayang teman -teman ?

Selain rasa, nasi dan neta menempel dengan baik, jadi menurut saya sushi ini memang dibuat oleh sushi chef dan diperhatikan betul estetika nya.

Tadi saya sempat menulis, nigiri yang saya suka adlah nigiri dengan neta ikan. Lalu, bagaimana dengan nigiri yang lainya ? 

Menurut saya nigiri yang lain (yang ada di foto), entah mengapa saya merasa seperti di treat nya agak lain dengan nigiri yang memiliki neta ikan. rasanya menurut saya so so , enak , tetapi tidak "wow", saya merasa seperti soul dari nigiri nya agak hilang (mungkin agak aneh cara saya menjelaskan, tapi ini yang benar - benar saya rasakan pada saat itu).Contoh paling mudah, coba lihat ebi nigiri (udang) yang dihidangkan. Pernyataan ini merupakan opini saya pribadi, mungkin saja benar atau mungkin saja salah atau mungkin saja bisa berubah saat saya sudah mempelajari sushi lebih dalam.

Selanjutnya adalah Gunkan Sushi.

(Negitoro Gunkan/mince tuna Gunkan)

Ada dua jenis gunkan sushi yang menjadi favorit saya, yaitu negitoro gunkan dan salmon roe gunkan (lihat di foto hadoka set). 

Yang pertama, kita bahas tentang negitoro gunkan. Jujur, teman-teman yang membuat gunkan ini spesial adalah irisan tipis daun bawang yang di letakan diatas gunkan tersebut. nori, mince tuna, dan nasi yang digunakan, tidak usah di ragukan lagi kualitas nya, memang sudah enak rasanya dan balance antara rasa nasi, tuna dan nori bagus sekali. Mengapa saya bilang daun bawang menjadi hal yang spesial di sushi ini karena menurut saya daun bawang tidak hanya memberikan rasa yang kontras melainkan juga menambah depth of flavor, ada freshness , saya juga merasakan lebih ada bite nya.

Coba bayangkan teman-teman.

Saat kalian memakan negitoro gunkan, pertama kalian akan merasakan lembutnya cincangan daging tuna  yang diikuti dengan rasa nasi khas sushi yang asam manis dan diikuti ada sedikit rasa nori disana, lalu diakhir kalian akan merasakan freshness, bite, dan sedikit spicy  dari daun bawang.

Yang kedua, kita bahas tentang salmon roe gunkan (lihat foto Hadoka set)

Jujur, untuk saya pribadi, salmon roe gunkan merupaan makanan yang lebih mengedepankan pengalaman dalam makan ketimbang rasa dari makanan itu sendiri, bukan berarti rasanya tidak enak. untuk sebagian orang mungkin suka, namun untuk sebagian orang belum tentu suka dengan rasa salmon roe. Tetapi bila dilihat dari sisi pengalaman dalam memakan sushi, salmon roe merupakan salah satu jenis hidangan yang harus teman-teman coba. 

Bila ada teman-teman yang belum pernah mencoba salmon roe. Saya akan mencoba menjelaskan rasanya. Secara singkat salmon roe itu seperti balon kecil yang diisi air. Saat dimulut, rasanya belum ada, namun saat digigit, bayangkan balon tadi mendadak pecah dan air nya keluar dimulut kalian dan rasa cairan nya itu perpaduan antara asin khas laut dan ikan serta sedikit rasa gurih.


Terakhir, kita bahas tentang sashimi.




sashimi bisa dikatakan sebagai bentuk awal dari hidangan sushi. Menurut saya sashimi yang di hidangan oleh restoran ini sangat enak, porsinya genereous dan pastinya fresh. Sedikit tips dari saya, bila teman-teman ingin menyantap sashimi  tetapi tidak terlalu suka dengan bau khas ikan, maka teman-teman bisa meneteskan sedikit perasan jeruk lemon yang biasanya sudah disediakan.

Teman-teman, untuk pembahasan saya tentang sushi sepertinya tidak selesai sampai disini, saya akan mencoba mereview beberapa restoran sushi lain, sebagai pembanding dan sekaligus sebagai bahan pembelajaran saya juga tentang sushi.

Salam,

FoodSpiration
Where Food Can Inspire You

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
LOKASI :

Sushi Tei Cab. Lippo mall karawaci
Sushi Tei Cab. Flavor bliss

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
HARGA :

200.000 - 300.000 untuk 2 orang

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Seperti biasa guys, karena tulisan ini adalah sepenuhnya opini saya pribadi maka


"Kalau setuju, ya silahkan, 


kalau kurang setuju monggo diberi masukan"












No comments:

Post a Comment