Thursday, March 31, 2016

Hong Tang Dessert (Cab. Sumarecon Mall Serpong)

Restaurant yg menawarkan sajian dessert, merupakan satu bentuk restaurant yang bisa terbilang baru di jakarta dan  karena tinggi nya peminat dari restorant jenis ini akhirnya mulai banyak resto-resto dessert di jakarta.

Salah satu resto dessert yg bisa di bilang "booming" adalah Hong Tang. Berdasarkan cerita dari kerabat2 saya,  mereka selalu bercerita tentang hal yg sama yaitu ramai, ramai, dan ramai. Masalahnya, saya bukanlah tipe orang yang mudah terbawa situasi, jadi pada saat itu saya hanya menanggapi teman saya secara biasa saja. 

Selang beberapa tahun, ya beberapa tahun. Akhirnya saya mencicipi dessert Hong Tang. Saat pertama kali melihat menu, jujur, saya terkejut karena tempat ini benar-benar fokus kepada satu jenis dessert dan yang menjadi pembeda adalah topping nya.







Sepintas makanan ini seperti es campur tetapi memiliki isi yang benar - benar berbeda. Menu yang saya pilih terdiri dari Grass Jelly , bubble pearl, biji salak (saya kurang tahu namanya tapi tekstur nya seperti biji salak), dan matcha Ice cream.

Bila kita perhatikan, dari semua elemen tersebut  ada satu kesamaan yang mencolok yaitu semua  elemen memiliki tekstur yang sama yaitu lembut. Semua tekstur nya lembut. Awal nya saya sempat bingung , apakah dengan tekstur yang seperti itu customer tidak cepat bosan saat memakanya ? belum lagi ditambah porsi dari menu ini yang bisa dibilang cukup besar dan banyak untuk ukuran dessert.

Tetapi semua pertanyaan saya terjawab setelah saya mulai menyantap makanan ini. ternyata saya sama sekali tidak merasa bosan saat menyantap makanan ini, melainkan saya sangat menikmati sekali makanan yang saya makan. Saya baru sadar bahwa ini bukan bicara tentang lembut atau keras tetapi bicara tentang tekstur lembut yang seperti apa. Grass jelly merupakan elemen yang paling lembut dari semua elemen yang ada, diikuti bubble pearl, biji salak (untuk kali ini kita sebut saja biji salak, karena saya tidak tahu namanya apa) dan terakhir es krim matcha dan semua nya di bungkus dengan soupnya yang sepertinya berbahan dasar susu.

Selain tekstur, pemilihan rasa juga menjadi salah satu penentu. Bila kalian perhatikan semua elemen yang ada di makanan ini memiliki rasa yang cendrung kontras. 



Coba bayangkan guys.

suapan pertama -- A (grass jelly) ketemu B (bubble pearl)-- rasanya lain

Suapan ke dua -- C (biji salak) ketemu A(grass jelly) -- sensai dan rasanya lain lagi

Suapan ketiga -- D ( match ice cream) ketemu B (bubble pear) -- rasanya baru lagi

Dan suapan - suapan selanjutnya..

Jadi,

menurut saya Hong Tang sudah membuktikan bahwa dengan kombinasi unik antara rasa dan tekstur makanan yang semuanya saling meng compliment satu sama lain, akhirnya secara tidak langsung memberi kesan seperti berpetualang lewat makanan. selain itu Hong Tang juga memberikan suatu pengalaman baru kepada orang banyak tentang menikmati dan melihat dessert dari perspective yang berbeda.



Setelah saya selesai makan, akhirnya saya mulai menyadari mengapa Hong tang yang notabene adalah restaurant dessert sederhana  bisa sangat disukai banyak orang dan bisa menjadi trending topic (di dunia kuliner) saat pertama kali dibuka. Mungking karena Hong Tang berani untuk beda, berani untuk melihat sesuatu dari titik yang berbeda.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
LOKASI : Hong Tang Summarecon Mall Serpong

Harga : 50.000 - 100.000 untuk 2 - 3 orang

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Seperti biasa guys, karena tulisan ini adalah sepenuhnya opini saya pribadi maka


"Kalau setuju, ya silahkan, 


kalau kurang setuju monggo diberi masukan"

2 comments:

  1. mirip sama black ball ya, kalau di Medan yang ginian udah mulai rame juga

    ReplyDelete
  2. halo, medanfood blog

    oh iya betul mirip blackblack ball, ohhh baru sekarang-sekarang ini rame nya ya ternyata ??

    ReplyDelete