Tuesday, August 30, 2016

Recipe #10 Vietnamese Noodle Soup

Vietnamese 
Noodle Soup





Bahan

Thai/vietnamese rice noodle*
250 grm daging sapi yang teksturnya keras (yang biasanya untuk di rebus, rendang, soup,dll)**
2 buah bawang bombay
5 buah bawang putih
10 -12 buah bawang merah
1/2 buah lengkuas ukuran sedang
2 buah tomat
1 buah wortel sedang
2 buah kayu manis
2 - 3 kapulaga
2-3 bunga pekak (staranise)
1 sdm biji ketumbar
1 genggam batang daun ketumbar
daun ketumbar secukupnya
daun kemangi secukupnya
toge secukupnya
daun bawang secukupnya
kecap asin
saus tiram
kecap ikan

Notes :

* bentuknya ada yang lebar ada yang tidak terlalu lebar, kalian bisa menemnukan mie jenis ini di bagian mie dan pasta di supermarket. Bila tidak menemukna mie jenis ini kalian bisa menggantinya dengan bihun.

** Sebenarnya untuk mendapatkan rasa soup yang rich,  kalian dapat menggunakan daging sapi bagian kaki (daging masih menempel dengan tulang) karena dibagian itu terdapat sum-sum yang nanti nya akan membuat rasa soup menjadi lebih rich tetapi bila tidak dapat menemukan daging bagian kaki, kalian bisa menggantinya dengan daging bagian apapun kecuali khas dalam dan khas luar seperti yang saya gunakan di resep ini. Saya menggunakana daging bagian pinggir (yang biasa digunakan untuk soup).

Cara membuat

1. masukan air biasa ke panci sedang (tinggi +/- 20 cm), isi hingga hampir penuh.

2. masukan daging dan garam secukupnya, lalu nyalakan api rebus hingga mendidih*. buang semua scum (busa - busa yang keluar saat merebus daging) sampai bersih.

3. bakar bawang putih, bawang merah, bawang bombay, lengkuas, kayu manis, bunga pekak, dan kepulaga hingga harum**

4. masukan semua bahan yang tadi dibakar kedalam rebusan daging, gunakan api sedang dan rebus kurang lebih 1,5 - 2 jam.***

5. Setelah 1,5 - 2 jam potong-potong daging dan buang semua sayuran dan rempah-rempah yang tadi di rebus. Saring kaldu sampai benar-benar bening.

6. Bumbui kaldu dengan batang daun ketumbar****, kecap asin, saus tiram, dan  kecap ikan, lada dan garam sesuai selera

7. Rebus mie lalu siram dengan kuah kaldu.

Notes :

* Apabila menggunakan daging bagian kaki, hasil rebusan dibuang terlebih dahulu, lalu ganti dengan air yang baru. Hal ini dilakukan untuk membuat kaldu menjadi jernih dan tidak terlalu berminyak.

** Agar lebih praktis, bakar lah semua bahan di atas kompor.

***  tambahkan segelas air apabila kaldu sudah surut lumayan banyak. Intinya adalah pertahanka volume air rebusan.

**** Batang daun ketumbar dimasukan terkahir karena kalau dimasukan pertama rasanya terlalu kuat dan akan cendrung menghasilkan after taste yang sedikit pahit.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Follow Our Social Media For Recent Info

Facebook : Foodspiration ID
Facebook Page : Foodspiration
Instagram : Foodspiration_id
Twitter : @foodspirationid





--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

" As I said before, cooking is not recipe, cooking is philosophy. If you don't like capers don't put them in, if you don't like green olives don't put them in. I like basil so i added more basil, as simple as that".

-Marco Piere White, Chef-


"I train my chefs completely different to anyone else. My young girls and guys, when they come to the kitchen, the first thing they get is a blindfold. They get blindfolded and they get sat down at the chef's table... Unless they can identify what they're tasting, they don't get to cook it".


-Gordon Ramsay,Chef-








No comments:

Post a Comment