Tuesday, May 17, 2016

Tiga Dara Seafood (Kelapa Gading)

Restoran seafood merupakan salah satu jenis restorang yang sangat diminati oleh warga Indonesia. Mulai dari varian ikan, cumi, udang, kepiting, bahkan lobster pun ada di restoran seafood. Tidak hanya dari jenis makanan  dari jenis restoranya pun sangat bervariasi mulai dari restoran seafood kaki lima hingga restoran seafood  berbintang pun ada di Indonesia. Jadi untuk teman-teman yang sangat hobi makan sefood jawaban nya adalah tinggal pilih mau restoran seafood yang seperti apa pun ada. 

Berbicara tentang restorang seafood, tadi saya sempat bilang tentang restorang seafood kaki lima. Dari sekian banyak restorang seafood yang ada, restoran seafood kaki lima merupakan salah satu yang sangat digemari oleh banyak orang. Selain harganya yang sangat murah, kualitas seafood yang disajikan tidak kalah kualitasnya dengan yang restoran seafood yang lebih modern. Tapi mungkin bedanya adalah varian seafood yang di sajikan di tempat makan kaki lima tidak sebanyak di restoran seafood yang modern. 

Saya adalah salah satu penggemar dari tempat makan seafood kaki lima. Ada satu tempat langganan saya yang berlokasi di kelapa gading dan kebetulan tempatnya dekat sekali dengan rumah saya. 






Tiga Dara Seafood, seperti itulah tepat ini disebut. Kata orang tua saya, tempat ini sudah ada sejak tahun 1990 an atau mungkin lebih lama. Tiga dara seafood berlokasi di jalan raya Acordeon, kelapa gading (dekat komplek perumahan jalan musik raya, Kelapa Gading). Seperti yang telah saya katakan tadi tentang restorang seafood kaki lima. Disini harganya relatif sangat murah, kualitas seafoodnya pun cukup baik menurut saya, tetapi varian menu seafoodnya tidak terlalu banyak. Mereka hanya menyediakan, ikan, cumi, udang, kerang (dara dan hijau), dan kepiting. 

Kali ini, saya akan bahas hal yang mungkin agak berbeda dari biasanya. Kali ini saya akan membahas dua topik yaitu makanan dan kenangan saya tentang restoran ini.

Hal pertama untuk mengukur enak atau tidaknya restoran seafood adalah segar atau tidaknya seafood yang disediakan. menurut saya, kualitas seafood yang disediakan oleh restoran ini dapat dikatakan segar, karena semua makanan yang disajikan tidak sama sekali tercium bau yang kurang sedap, tekstur seafoodnya semuanya masih firm, masih tercium aroma khas seafood. 

 Ikan Kuwe Bakar

 Kepiting Saus Asam Manis

 Udang Bakar Kecap

 Cah Tauge

 Kerang Dara Rebus

 Sambal kacang (saus untuk kerang dara)

Sambal Kecap, Sambal Terasi, Dan Lalapan

Kali ini, saya akan membahas, makanan yang ada disini secara umum karena makanan yang saya pesan pun merupakan makanan yang mungkin sudah sangat umum untuk teman-teman. Menurut saya, rasa makanan yang ada di tempat ini, secara keseluruhan dapat dikatakan sangat enak, kalau boleh saya memberikna nilai, saya akan memberi nilai 4 / 5. Beberapa hal yang ingin saya highlights  dari makanan yang ada di restoran ini adalah rasa dari makanan yang ada di tempat ini, menurut saya rasanya dapat "diadu" dengan masakan yang ada di restoran seafood modern, khususnya menu ikan bakar dan udang bakar. Menurut saya kedua menu ini merupakan menur yang terbaik yang ada di tempat ini, mulai dari kualitas ikan yang cukup segar dan rasa bumbu bakaran yang menurut saya sangat enak dan rasanya menyatu da balance dengan rasa seafoodnya. Ada satu hal agi yang menarik dari restoran ini yaitu saus yang dipakai untuk memakan  kerang dara.



Untuk memakan kerang, restoran ini menyediakan saus yang menurut saya sangat unik yaitu saus sambal yang dicampur dengan bumbu kacang. Saat kerang dimakan bersamaan dengan saus ini, kombinasi rasa kerang, saus sambal, dan kacang sangat menyatu sekali. Jadi, bayangkan teman-teman, rasa jhas dari kerang dara bercampur dengan rasa manis, pedas, dan sedikit asam dari sausnya, lalu diikuti dengan rasa asin gurih serta aroma khas kacang (nutty flavor). 

Topik bahasan yang kedua adalah tentang kenagan saya akan restoran ini. Sepintas mungkin aneh, mengapa saya membahas tentang topik ini. Tapi percayalah, setiap dari kita pasti punya momen yang sama seperti saya, yaitu pengalaman kita terhadap satu tempat makan tertentu. Jadi ceritanya, dulu saat saya masih berada di dalam kandungungan yang "ngidam" bukan mama saya, melainkan papa saya. Kata mama saya, hampir setiap hari papa saya selalu membeli kerang dara yang ada di restoran tiga dara ini, ya hampir setiap hari dan aneh nya setelah saya lahir,  papa saya pun berhenti membeli kerang dara. Masih ada satu keanehan lagi, setelah saya mulai bernjak dewasa, entah mengapa setiap kali saya dan keluarga saya makan di seafood tiga dara pasti selalu memesan menu kerang dara, sekali lagi selalu memesan menu kerang dara. Entah apa alasanya, saya pun tidak tahu. Kalau tidak memesan kerang dara rasanya seperti ada yang kurang lengkap saat makan di tempat ini.

Saya yakin, teman-teman diluar sana pasti punya pengalaman yang setipe dengan saya. Yuk, buat kalian yang punya cerita yang sama dengan saya, tulis dan bagikan ke teman-teman kalian.


Salam,
Foodspiration ID
Where Food Can Inspire You

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tiga Dara Seafood

Lokasi : jalan Raya Acordeon, Kelapa Gading (dekat dengan OTW Street Food, Kelapa gading)

Harga : 100.000 - 150.000 untuk 3-5 orang


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Seperti biasa guys, karena tulisan ini adalah sepenuhnya opini saya pribadi maka dengan ini saya menyatakan


"Kalau setuju silahkan, 
kalau kurang setuju monggo diberi masukan"



Guys, Follow Our Social Media and blog , for recent update :
















3 comments:

  1. di Medan juga banyak seafood kaki lima gitu, tapi lebih banyak ayam penyet sama bebek sih

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas kepercayaannya dan ulasannya untuk Seafood Tiga Dara Kelapa Gading, Kami tunggu kedatanggannya kembali.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Sambal bawang putih utk udang rebusnya, enak

    ReplyDelete