Friday, May 20, 2016

Tanggal Tua, Terus ?

Ini adalah sebuah acara Kompetisi Blogger ShopCoupons X MatahariMall. Yang diselenggarakan oleh ShopCoupons. voucher mataharimall dan hadiah disponsori oleh MatahariMall.
mataharimall-kompetisi

Tanggal tua, tanggal tua, tanggal tua, dua kata ini merupakan salah satu momen yang selalu terjadi setiap bulan bagi sebagian besar orang, tetapi menurut saya istilah ini sepertinya sering sekali dilontarkan oleh teman-teman kita yang masih kuliah dan ngekost. Mengapa anak kost? Karena jujur teman-teman, saat saya masih kuliah dulu sampai sekarang saya sudah lulus dan bekerja saya masih ngekost, jadi bisa dikatakan saya adalah anak kost senior, jadi yang namanya tanggal tua, sudah menjadi salah satu momen yang saya rasakan setiap bulan sepanjang saya ngekost.

Berbicara tentang tanggal tua, pasti kita selalu membahas tentang makanan karena makanan merupakan salah satu kebutuhan primer setiap orang, jadi sifatnya pasti harian. Banyak sekali, cerita di luar sana yang selalu menggangap mahasiswa atatu siapapun yang sedang memasuki tanggal tua selalu makannya super duper irit sekali. Alasanya sederhana karena mereka harus berhemat sampai uang bulanan (untuk mahasiswa) atau gaji (untuk yang sudah bekerja) mereka "turun". Jadi, sepanjang momen tanggal tua ini, mereka mungkin lebih memilih untuk memakan makanan yang murah seperti makanan instan, mengurangi porsi makan, mengurangi lauk pauk, dan lain-lain. Bahkan ada beberapa meme yang membahas tentang tanggal tua dan beberapa diantaranya sangat lucu menurut saya. Mulai dari yang membahas tentang makanan di tanggal tua, isi dompet orang-orang saat di tanggal tua, dan masih banyak yang lainya. 

Awalnya saya bisa sampai tertawa terbahak-bahak saat membaca meme tersebut dan menganggapnya sebagi lelucon belaka, tetapi lama kelamaan saya mulai berpikir kalau istilah tanggal tua ini sebenenarnya kalau diperhatikan lebih dalam terlihat seperti suatu musibah dan terdengar seperti sesuatu hal yang sebenarnya kurang bagus untuk kita, khususnya bila dilihat dari kacamata makanan yang kita konsumsi. Jadi sekarang, yang menjadi pertanyaan adalah apakah istilah ini harus hilang dari kepala setiap orang, khususnya anak kost? Apakah istilah tanggal tua merupakan sesuatu yang lucu atau sebenarnya ini merupakan satu masalah yang sebenarnya serius? 

Jujur teman-teman, bagi saya pribadi kita harus menghilangkan istilah tanggal tua dengan cara melihat istilah tanggal tua dari sisi yang berbeda. Kita melihat tanggal tua hanya sebagai tanggal saja dan jangan dilihat sebagai suatu musibah yang kana menimpa kita sampai awal bulan nanti. Kita lihat istilah tanggal tua sebagai sesuatu yang positif dan inspiratif. Saya bisa menuliskan hal ini karena dulu saya pernah melihat tanggal tua sebagai musibah, tepatnya saat saya masih menjadi seorang mahasiswa dan masih berstatus mahasiswa kost, ya sebelas duabelas lah seperti si Budi, supaya tidak penasaran tentang cerita si Budi, teman-teman bisa cek videonya di sini  #JadilahSepertiBudi.



Dulu saat mendekati pertengahan minggu ketiga, saya selalu berpikir ekstra keras untuk bisa tetap "hidup" sampai akhir bulan tetapi terkadang hasil berpikir keras saya tidak berbuah apa-apa guys, ujung-ujungnya ngirit seirit-iritnya lagi, kebiasaan makan makanan instan mulai sering dilakukan lagi. Tapi hal itu mulai berubah saat saya ketagihan menonton video-video memasak Gordon Ramsay. Entah mengapa, setelah menonton video-video tersebut saya merasa bahwa saya harus terbiasa untuk memasak dan menyiapkan makanan saya sendiri. memang sebenarnya, saya itu bisa memasak tapi namanya juga anak kos karena inilah itulah jadinya kegiatan masak-memasak di nomor bawangkan. Tapi saat itu saya mulai berpikir, saya harus kembali memasak, khususnya saat tanggal tua. 

Mahasiswa dan memasak, berarti saya harus menyisihkan beberapa waktu saya untuk memasak. Kalau memasak berarti harus berbelanja, menyiapkan perlatan dan bahan masakan, harus memberesekan semua alat memasak, dan lain-lain. Buang waktu? Buat saya belum tentu saya membuang-buang waktu. Bagaimana caranya? Saya harus membuat makanan yang sangat mudah, cepat, harus enak, dan harus bergizi. Guys karena ini adalah foodblog, saya akan membagikan beberapa resep yang pernah saya masak, khususnya saat memasuki tanggal tua. Resepnya sangat mudah untuk dibuat, rasanya enak, bergizi, dan yang pasti harganya sangat terjangkau sekali.





Pecel "Sederhana"

Ingredients :

  • 1 pack Bumbu Pecel siap pakai
  • Bayam (secukupnya)
  • kangkung (secukupnya)
  • tauge (secukupnya)
  • kol (secukupnya)
  • kacang panjang (secukupnya)
  • bakwan sayur** (opsional)

Cooking Method :
  • Campur 1-2 sendok bumbu pecel dengan air*
  • Panaskan hingga sedikit mendidih atau bumbu sudah mulai mengental
  • Rebus semua sayuran (hingga matang/setengah matang)
  • Siramkan bumbu diatas sayuran
  • Lalu sajikan dengan bakwan sayur, dan nasi hangat

Untuk 2 porsi

Notes :
  • *masukan air sesuai selera, bila ingin saus lebih kental maka jangan masukan terlalu banyak air, begitu juga sebaliknya
  • Untuk bayam dan kangkung, agar lebih mudah, mintalah bantuan orang-orang dipasar untuk menyiapkannya.
  • **Agar lebih mudah belilah bakwan sayur di penjual gorengan langganan kalian.



Tahu Telur

Ingredients :

  • Tahu (secukupnya) dipotong kotak-kotak
  • Telur
  • Daun Bawang
  • Bumbu Pecel



Cooking Methods :
  • Bumbui tahu dengan garam dan lada, lalu goreng tahu hingga kulitnya menjadi garing dan kecoklatan
  • goreng telor sesuai selera (mata sapi/dadar)
  • taburkan potongan daun bawang
  • siram dengan bumbu pecel
Untuk 1-2 porsi


Spanish Omelette


Ingredients :
  • 3 butir telur (kocok lepas)
  • 2 buah kentang ukuran sedang ( potong kotak-kotak)
  • 2 buah bawang bombay (potong halus memanjang)

Cooking Methods :
  • Goreng kentang hingga garing dan matang, sisihkan
  • Tumis Bawang bombay hingga harum, sisihkan
  • Campurkan kentang dan bawang bombay kedalam kocokan telur, bumbui dengan garam, lada, dan gula
  • lagu goreng telur hingga matang.
Untuk 1-2 porsi

Itu dia tiga resep yang sering saya masak, saat saya berada di fase tanggal tua. Pertanyaan nya adalah bagaimana dengan harganya ? Jangan-jangan lebih mahal ? Jawaban saya adalah sama sekali tidak. untuk ketiga menu tersebut saya hanya menghabiskan biaya sekitar 25.000 (tidak termasuk sembako, seperti minyak goren, gula, garam, dll dan nasi). Ditambah lagi, saya menuliskan bahwa semua menu sederhana yang saya buat bisa untuk dua kali makan. Jadi dengan uang 25.000 kalian bisa 5-6 kali makan,jadi satu kali makan kira-kira 5000-6000 rupiah. Selain itu, ketiga menu ini bisa saling berhubungan satu dengan yang lainya. Sebagai contoh, kalian bisa menambhkan tahu goreng kedalam pecel yang kalian buat atau kalian bisa menambahkan bayam kedalam spanish omelette yang kalian buat, dan lain-lain.

Bagaimana teman-teman? tertarik untuk mencoba memasak ketiga resep diatas? Sebelum saya lanjutkan, ada beberapa info tambahan untuk beberapa bahan-bahan khususnya sembako (minyak goreng, gula, garam, dll) kalian bisa membelinya secara online di https://www.mataharimall.com/ agar lebih cepat, lebih efisien, dan lebih hemat tentunya.


Caranya mudah sekali, kalian tinggal mengganti katagori pencarian menjadi "groceries", lalu masukan bahan yang ingin kalian beli.

Jadi, tanggal tua menurut Foodspiration ID adalah suatu keadaan dimana itu adalah kesempatan kita untuk belajar hal-hal baru yang mungkin tidak pernah kita pelajari di sekolah, hal-hal seperti mengatur keuangan (pengeluaran), mengatur makanan apa yang harus kita makan, dan lain-lain hingga akhirnya kita bisa melewati momen tanggal tua tersebut. Jadi intinya, semua dimulai dari diri kita sendiri, kita mau melihat momen tanggal tua menjadi hal yang postif kah atau negatif ? Silahkan di jawab masing-masing. Saya yakin, teman-teman  dari mataharimall.com mungkin berpikiran hal yang mirip dengan saya. Mereka berharap supaya kalian bisa melihat momen tanggal tua sebagai suatu hal yang positif. Mungkin dari bebrapa ide tersebut, akhirnya mereka memberikan diskon yang cukup besar untuk beberapa barang mereka agar bisa membantu kalian dalam menghadapi tanggal tua.

Salam,
Foodspiration ID
Where Food Can Inspire You












1 comment:

  1. Tanggal tua aku di rumah aja tidur dan puasa #LirikDompet

    ReplyDelete