Monday, May 2, 2016

Nutrive Benecol - #IndonesiaTANGKALKolesterol (30 April 2016, THE FOUNDRY 8, SCBD)


Indonesia tangkal kolesterol merupakan sebuah seruan sekaligus sebagai ajakan dari Nutrive Benecol kepada masyarakat Indonesia untuk turut menangkal kolesterol. Untuk memaksimalkan ajakan tersebut Nutrive Benecol membuat sebuah acara dengan judul yang sama yaitu #IndonesiaTANGKALkolesterol



Acara yang diselengarakan di THE FOUNDRY 8 (SCBD) ini ternyata disambut baik oleh masyarakat. Khususnya oleh masyarakat yang berumur diatas 40 tahun. Secara garis besar, acara ini ingin mengedukasi masyarakat tentang kolesterol itu sendiri, mulai dari penjelasan tentang kolesterol sampai bagaimana cara menanggulanginya.



Sebelum acara utama dimulai, semua peserta dipersilahkan untuk mengunjungi booth - booth yang sudah disediakan oleh panitia acara. Beberapa diantaranya adalah booth untuk melakukan cek kolesterol dan booth -booth produk dari Kalbe.

Booth cek kolesterol merupakan salah satu booth yang  cukup diminati oleh para peserta, karena disini, mereka dapat melakukan cek kelosterol secara gratis dan mereka bisa langsung mengetahui kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh mereka.









Selain itu, booth  produk-produk lain pun tidak kalah ramai nya. Disini mereka bisa melihat-lihat serta berbelanja produk dari Kalbe yang lainya, seperti Entrasol, Diabetasol, Nutrive Benecol dan lain-lain. Selain produk-produk dari Kalbe, para peserta juga bisa melihat booth dari Rumah sakit Columbia Asia.





Sekitar pukul 9 lewat, acara pun dibuka dengan Tari Merak , lalu diikuti oleh kata pembuka oleh MC. Dalam sesi ni, MC menjelaskan sedikit tentang tema yang diusung oleh acara ini yiat #IndonesiaTANGKALkolesterol. Ternyata kata "tangkal" bagi Nutrive Benecol merupakan sebuah singkatan yaitu "T" kepanjangan dari teratur periksa kolesterol, "A" kepanjangan dari awasi asupan dan pola makan, "N" kepanjangan dari nikati hidup tanpa rokok dan minuman beralkohol, "G" kepanjangan dari giat berolahraga gerakan B-Fit, "K" kepanjangan dari kendalikan berat badan dan hindari stres, "A" kepanjangan dari awasi tekanan darah anda, dan "L" kepanjangan dari lengkapi dengan Nutrive Benecol 2x sehari.   

Sebelum acara utama dimulai, bapak Hendi Liem memberikan kata sambutan yang kemudian diikuti oleh pemukulan gong sebagai tanda bahwa acara ini resmi dibuka. 








Acara pertama adalah demo memasak makanan sehat oleh dr. Penihedi P., MKM.(Gz). Sebelum mulai memasak, dr. peni menjelaskan sedikit tentang apa itu makanan sehat ? 


Menurut dr. Peni, makanan sehat adalah makanan yang seimbang secara gizi, jadi makann sehat bukan bicara tentang berhenti mengkonsumsi daging-dagingan, dan lain-lain, melainkan menyeimbangkan apa yang kita konsumsi setiap hari.

Setelah memberikan penjelasan tentang makanan sehat, acara demo memasak pun dimulai. Dalam demo masak kali ini, dr Peni membagikan tiga buah resep yang terdiri dari makanan pembuka, makanan utama, dan makanan penutup.

Untuk makanan pembuka, dr Peni memasak  Beef Tomato Gratin. dr. Peni membahas sedit tentang resep ini. Beliau menjelaskan, bahwa jangan takut untuk mengkonsumsi daging, kemabli lagi kepada konsep makann sehat yang sudah dijelaskan diawal tentang makanan sehat adalah makanan yang seimbang, maka dari itu untuk menyeimbangkan daging sapi, dr Peni menggunakan tomat yang mengandung banyak vitamin dan likopen. Ada satu tips dari beliau, yaitu untuk mendapatkan daging giling yang bagus, beliau menganjurkan untuk menggiling sendiri daging yang kita beli, sebab apabila kita membeli daing giling yang sudah digiling sebelumnya kita tidak tahu berapa kandungak lemak yang ada di dalam daging giling tersebut. 


Beef Tomato Gratin





Ingredients :
  • 2 buah tomat (dibelah dua dan dikeluarkan isinya)
  • Daging giling
  • Bawang putih 
  • Bawang bombay (cincang halus)
  • Tomato paste
  • thyme
  • Keju low fat
  • garam
  • lada


Cooking Method :
  • Tumis, bawang bombay dan bawang putih, hingga harum
  • masukan daging giling, aduk hingga harum dan kecokelatan
  • masukan tomato paste, aduk hingga harum dan tomato paste matang.
  • masukan thyme
  • masukan garam dan lada sesuai selera
  • masukan daging kedalam tomat, lalu taruh keju diatasnya 
  • panggang dalam oven +/- 15 menit/hingga keju meleleh.

Sembari menunggu beef tomato gratin dipanggang, acara demo masak di selingi dengan acara senam B-Fit yang di pandu oleh Chatalia Olivianti. 


Senam B-fit merupakakan salah satu bentuk senam yang diperuntukan untuk orang tua karena senam ini dilakukan dengan cara duduk di kursi. Menurut saya senam ini merupakan salah satu bentuk olahraga yang bagus untuk orang tua sebab dapat dilakukan di tempat duduk dan gerakanya pun simple dan mudah diingat.

 '















Setelah senam B-Fit selesai, acara food tasting untuk resep beef tomato gratin pun dimulai. beberapa peserta yang mencoba makanan ini pun berpendapat bahwa makanan ini enak sekali.

Selanjutnya, acara demo masak pun dilanjutkan dengan menu yang kedua yaitu Dory Steak with Mango Sauce.


Dory Steak With Mango Sauce

Ingredients :

  • Ikan dory fillet
  • Jus mangga (botolan/asli)
  • Bawang putih
  • Bawang bombay
  • Air jeruk lemon
  • Daun ketumbar



Cooking Method :

  • Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  • Masukan jus mannga lalu aduk hingga mendidih.
  • Masukan  sedikit dau  ketumbar, lalu sisihkan.
  • Panaskan pan, masukan minyak.
  • Masukan ikan dory  masak hingga ikan dory matang.
  • Siram sauce ke atas ikan dory yang sudah matang.



notes: apabila anda ingin menggunakan jus mangga asli, buatlah konsistensi jus mangga sedikit leboh encer, agar lebih mudah saat dimasak.

Selagi menunggu masakan ini dimasak oleh dr Peni, Acara diselingi dengan presentasi tentang jantung koroner oleh dokter Vito Damay,Sp.JP, M.Kes, FIHA, FICA. 




Dalam presentasinya, dr. Vito tidak hanya menjelaskan tentang jantung koroner, tetapi baeliau juga membagikan beberapa tips untuk menanggulangi penyakit tersebut. Selain menjelaskan tentang peyakit jantung koroner, dr Vito juga membantu para peserta untuk melihat hasil tes kolesterol yang sudah dilakukan sebelumnya agar tidak terjadi kesalah pahaman dalam mengartikanya.

Setelah sharing dari dr Vito selesai, acara selanjutnya adalah mencicipi masakan main course  nya, sembari mencicipi, ada juga beberapa peserta yang berbagi pengalamanya seputar penyakit jantung.




Setelah sesi mencicipi main course selesai, acara dilanjutkan dengan demo masakan yang terakhir, yaitu makanan penutup. Kali ini dr Peni membuat snack bar sebagai makanan penutup.  Ada satu hal yang menurut saya menarik yaitu bahan yang digunakan untuk mengikat snack bar ini adalah jelly. Selain itu, dr Peni juga mengatakan bahwa selain untuk makanan penutup, makanan ini juga cocok dikonsumsi sebagai menu untuk berbuka puasa.


 Snack Bar Ala dr Peni



Ingredients :

  • Kelapa parut panggang
  • kurma (potong kecil)
  • pisang (potong kecil)
  • Jelly bubuk (plain flavor)
  • Air
  • Gula jawa


Cooking Method

  • Campur air dan jelly, aduk hingga tercampur rata, lalu nyalakan api dan panaskan.
  • Masukan gula jawa kedalam cmpuran jelly, lalu aduk hingga matang dan gula jawa mencair, dan sisih kan.
  • campur kelapa, kurma, pisang kedalam wadah
  • Campurkan jelly kedalam wadah yang sudah terisi kelapa, kurama, dan pisang, lalu aduk hingga rata.
  • masukan kedalam cetakan dan taruh di dalam kulkas hingga set.

Setelah selesai acara pun, dilanjutkan dengan sesi mencicipi makanan penutup. Sama seperti yang sebelumnya, peserta yang mencicipi makanan ini pun mengaku bahwa hidangan penutup ini memiliki rasa yang enak.

Setelah sesi mencicipi selesai, maka sampailah pada sesi terkhir yaitu pembagian doorprize. Adapun beberapa haduah doorprize, seperti pisau set, kompor gas, kulkas, microwave, kulkas, dan sepeda gunung. Setelah acara doorprize  selesai, masih ada satu sesi lagi yang menurut saya sangat keren sekali, yaitu teman-teman dari Nutrive Benecol mengajak semua peserta untuk bersama-sama berkomitmen untuk menangkal kolesterol dengan cara minum Nutrive Benecol bersama-sama.




Setelah sesi komitmen bersama selesai, maka berakhir pula acara Indonesia tangkal kolesterol. Sebelum pulang, semua peserta mendapat sample dari semua masakan yang dimasak oleh dr Peni. 


Sedikit review untuk makanan yang telah diberaika oleh dr Peni dan tim. Kita mulai dari beef tomato gratin. Perpaduan rasa daging yang dimasak dengan pasta tomat lalu di masukan kedalam buah tomat merupakan suatu kombinasi yang enak sekali menurut saya. Rasa isian daging yang dominan rasa gurih dan asam khas tomat ditambah lagi dengan juiciness dari tomat, serta sedikit keju, menurut saya satu kombinasi yang enak sekali dimulut, mulai dari gurih, asam, asin, dan juicy ada semua dimulut. 

Menu kedua adalah dory steak with mango sauce. Menu ini tidak kalah enak nya dengan menu sebelumnya. Rasa gurih khas ikan dory dicampur dengan rasa saus mangga yang memiliki rasa asam dan manis, menurut saya dua hal ini merupakana suatu kombinasi yang enak sekali, disamping itu perpaduan antara ikan dan sesuatu yang asam merupakan salah satu konsep yang sering sekali digunakan dan hasilnya pasti selalu enak. Sedikit masukan dari saya, mungkin jus mangga yang digunakan, rasanya akan lebih enak jika menggunakan jus mangga asli kerena menurut saya, dengan menggunakan jus asli rasa manis yang hasilkan akan jauh leboh natural. 

Menu terakhir adalah snack bar. Menurut saya pribadi, dari penamilan mungki terlihat agak kurang menarik, tetapi rasanya, menurut saya enak sekali dan fresh. Rasa dari makanan ini mirip sekali dengan kolak, tetapi teksturnya padat. Dari segi rasa, saya suka sekali dengan rasa manisnya, netural sekali karena menggunakan bahan-bahan yang segar jadi rasa manisnya berasal dari buah-buahan.

Sebagai penutup, secara keseluruhan, acara ini sangat bagus da sangat komplit karena Nutrive Benecol tidak hanya berbagi tentang cara menagkal kolesterol namun juga mengajarkan kepada para peserta cara untuk menanggulanginya. Selain itu, Nutrive Benecol juga memberi kesempatan kepada semua peserta untuk melakukan cek kolesterol secara gratis agar semua peserta tahu berapa kadar kolesterol yang ada didalam tubuh mereka.

Jujur, saya bangga, bisa terlibat dalam acara ini, biarpun saya terlibat sebagai tim dari blogger namun banyak hal yang bisa saya pelajari tentang kolesterol itu sendiri, dan ilmu yang saya dapat dari acara ini saya bagikan kepada orang tua  dan beberapa keluarga saya.

Terima Kasih Nutrive Benecol, sukses selalu, dan ditunggu acara-acara selanjutnya.


Salam,
Foodspiration
Where Food Can Inspire You

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Please Follow Nutrive Benecol websit and social media 

website 
http://nutrivebenecol.com/
http://www.kalbe.co.id/

Social Media

Facebook : Nutrive Benecol
Twitter : @NutriveBenecol
Instagram : @nutrivebenecol_id


----------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------


Dan jangan lupa follow juga social media kita di :

Facebook : Foodspiration ID
Twitter : foodspirationid
Instagram : foodspiration_id


















No comments:

Post a Comment