Friday, August 19, 2016

Yamatoten Abura Soba (Maxx Box, Lippo Karawaci)

Ramen, Udon, Sushi, jajanan khas jepang merupakan beberapa makanan khas negeri sakura yang sudah diakui dan digandrungi oleh banyak orang di Indonesia. Diawali dengan dibuka nya beberapa cabang makanan jepang (ramen, udon, sushi, dll) hingga sekarang restoran yang bertemakan budaya Jepang sudah banyak sekali di Indonesia. 

Perkembangan budaya kuliner Jepang di Indonesia tidak hanya sampai ramen, sushi, jajanan khas jepang, dan udon saja. Selain makanan tersebut masih ada salah satu kuliner Jepang yang belum ada di Jakarta yaitu Soba. Yamatoten Abura Soba merupakan restoran franchise Jepang pertama yang menghadirkan menu hot soba (dry soba) di Indonesia. Menu soba yang di tawarkan oleh Yamatoten Abura Soba adalah tipe soba panas dan tak berkuah karena biasanya soba disajikan dingin dan berkuah. 

Kualitas makanan merupakan salah satu hal yang dimiliki oleh restoran ini. Soba dibuat setiap hari alias selalu fresh dan bahan pelengkap yang ada di restoran ini pun dibuat setiap hari nya. Hal tersebut tidak hanya berpengaruh kepada rasa dari Soba yang ada di restoran ini melainkan, restoran ini juga mencerminkan budaya kuliner Jepang yang selalu mengutamakan kualitas dan kesegaran bahan makananya. Tidak heran jika Yamatoten Abura Soba sudah membuka cabang nya dibeberapa tempat seperti, Lippo Karawaci, Pantai Indah Kapuk, Thamrin, dll. 








Itu adalah sedikit tentang Yamatoten Abura Soba dari saya, sekarang mari kita lihat lebih jauh tentang Yamatoten Abura Soba lewat hidangan yang mereka sajikan.

Saya memesan dua hidangan yaitu Original Spicy Abura Soba dan Handmade Dumpling.


Menu pertama adalah Spicy Abura Soba. Menu ini terlihat sangat sederhana dan fresh. Soba, daun bawang, potongan pork belly, nori, dan rebung. Sebelum dimakan kita harus menambahkan cuka jepang dan chily oil yang sudah disediakan disetiap meja. chilly oil untuk menambah "body"  dan mempermudah proses pencampuran soba dengan topping yang ada. Cuka Jepang untuk menambahkan rasa asam dan manis serta sensasi rasa umami. Seberapa banyak cuka dan cilly oil yang harus di tambahakan ? Jawabanya adalah terserah kalian. Kalau ingin lebih pedas dan oily, tambahkan lebih banyak chilly oil. Bila ingin lebih asam, manis, dan gurih tambahkan lebih banyak cuka jepang. Setelah cuka dan minyak ditambahkan ke soba, segeralah aduk hingga rata dan langsung dinikmati selagi hangat.

Satu hal yang ingin saya bahas adalah rasa dari keseluruhan menu ini. Rasanya sangat enak, perpaduan rasa asian, manis, dan asam pada menu ini sangat seimbang dan menurut saya keseimbang rasa tersebut menciptakan sensasi rasa umami yang membuat kita ingin makan, makan, dan makan lagi. selain itu, penambahan nori pada menu ini sedikit memberikan aksen rasa khas jepang yang kuat .Selain rasa yang enak, topping yang ada di menu ini juga menambah tekstur yang menarik. Mengapa menarik ? Karena toppin gyang dipilih, menurut saya tidak asal-asalan. Kalau kalian perhatikan semua topping yang ada di menu ini memiliki tektur yang berbeda antara satu dan yang lainya, rebung memiliki tekstur yang crunchy dan menambah sedikit rasa manis, daun bawang memberikan  aroma yang khas saat dimakan dan sedikit memberi rasa sharp  kedalam menu ini. dan potongan pork belly memiliki tekstur yang sangat empuk dan meleleh di mulut serta memberika sedikit rasa gurih kha daging babi. Bayangkan semua topping tersebut dimakan bersamaan dengan soba yang teksturnya firm  dan chewy. 




Menu kedua adalah Handmade Dumpling atau sebenarnya lebih sering di panggil Gyoza. DAri segi penampilan sangat sederhana  hanya gyoza dan disajikan bersamaan dengan kecap asin. Rasa dari gyoza ini menurut saya sangat enak, dominan rasa gurih manis, dan sedikit asin. Rasa gurih manis yang cukup dominan mungkin diperolah dari bawang bombay yang sudah di tumis terlebih dahulu. Rasa manis tersbut bertemu dengan rasa gurih, kembut dan juicy dari daging cincang membuat gyoza ini menjadi semakin lezat saat berada di mulut kita. Ditambah lagi dengan tekstur kulit gyoza yang sangat lembut dan sedikit kenyal. Apabila menginginkan rasa yang lebih kuat, gyoza bisa di celup kedalam campuran kecap asin dan cuka beras yang sudah di sediakan. 


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Lokasi : Yamatoten Abura Soba (Maxx Box Lippo Karawaci)

Harga : 150.000 untuk 2 orang


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Seperti biasa guys, karena tulisan ini adalah sepenuhnya opini saya pribadi maka dengan ini saya menyatakan


"Kalau setuju silahkan, 
kalau kurang setuju monggo diberi masukan"



Guys, Follow Our Social Media and blog , for recent update :
















4 comments:

  1. Replies
    1. hai rusydina.. iyaa, kl menurut saya rasanya nagih banget.. plus rasanya gak terlalu berat, jadi waktu dimakan enak bgt pokoknyaa..harus dateng ke Yamatoten Abura Soba pokoknya rekomended bgt.

      Delete
    2. hai rusydina.. iyaa, kl menurut saya rasanya nagih banget.. plus rasanya gak terlalu berat, jadi waktu dimakan enak bgt pokoknyaa..harus dateng ke Yamatoten Abura Soba pokoknya rekomended bgt.

      Delete
  2. Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan Blackjack Nomor Satu di Indonesia WWW.SALAMPOKER.COM
    Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

    ReplyDelete